Desa Bira Kab. Bulukumba

Desa Bira merupakan salah satu desa berada dibagian timur selatan kota Bulukumba dengan jarak tempuh kurang lebih 40 km dari kota bulukumba, 13 km dari ibu kota kecamatan dan merupakan desa Pariwisata andalan kota Bulukumba. Desa Bira terdiri atas empat (4) Kewilayahan/dusun yakni Dusun Pungkarese, Dusun Birakeke, Dusun Tanetang dan Dusun Pulau Liukangloe. Sejarah penamaan Desa Bira nenurut legendaris terdahulu kata Bira adalah berasal dari tumbuhan sejenis keladi yang biasanya tumbuh dipinggiran pusat permadian umum kampung Biralohe dan Kampung Birakeke dan pendapat kedua disamping sebagai tumbuhan keladi juga Bira merupakan air yang banyak dengan mengambil nama dulu dengan ERELOHE artinya “sumber air yang banyak”. Disamping itu Desa Bira adalah Desa pesisir, tujuh puluh lima persen daratannya dikelilingi oleh pantai, tentunya banyak penduduk Bira yang bergelut sebagai nelayan dan karyawan swasta yang berprefesi sebagai pelaut ulung, pedagang dengan perahu Pinisi dan jasa m pariwisata andalan Kabupaten Bulukumba serta menjadi pusat pemerintahan Distrik Bira pada waktu itu yang meliputi Ara, Bira dan m Lemo-lemo, tiga kampung ini menurut sejarah pembangunan desa bira tidak dapat dipisahkan karena saling terkait dalam hal membangun sebuah perahu Phinisi.

Ada banyak wisata yang ada di Desa Bira, yaitu Pantai Bira, Pantai Bara, Pantai Panrang Luhu, Pulau Liukang Loe, Pulau Kambing, Titik Nol Sulawesi, Jembatan Kaca, Teras Bira, dan Puncak Pua Janggo.

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang bagus, Desa Bira juga memiliki beragam budaya bahari seperti Rumah Adat, Pembuatan Kapal Pinisi, Pembuatan Tenun, dan Kerajinan Kerang.

Perpustakaan Desa Bira adalah perpustakaan yang didalamnya terdapat beberapa informasi mengenai sejarah desa bira, budaya, dan parawisata yang ada didesa bira. Perpustakaan desa bira dibuat oleh mahasiswa KKN angkatan 67 yang dibantu langsung oleh Perpustakawan IT.

Latest articles

Previous articlePariwisata Bulukumba
Next articleTeras Bira

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

Jumlah Pengunjung